2captcha

Inspirasi dalam Desain Wardrobe

Posted by http://advertisingfashionfurniture.blogspot.com Friday 11 October 2013 0 comments
ADVERTISING | FASHION | FURNITURE | Inspirasi dalam Desain Wardrobe
lemari minimalis
Wardrobe Built-in

Kreatifitas lahir dari imajinasi untuk menciptakan sesuatu tanpa mengabaikan fungsi yang sesungguhnya pada wardrobe atau lemari pakaian, kemajuan nilai-nilai budaya dan peradaban mempunyai pengaruh besar terhadap hal ini. Tak heran apabila kemudian lahir spesialis mebel yang hanya khusus mendesain dan menjual wardrobe dengan perangkatnya. Kemajuan teknologi mempunyai peran besar sehingga teknologi wardrobe berkembang pesat sampai sekarang. Artikel ini mencoba mambahas inspirasi dalam desain wardrobe yang banyak dijumpai saat ini.




  • Kaca dan Kayu.
Dalam sebuah desain berkonsep minimalis, memadukan beberapa material berbeda merupakan salah satu cara untuk menciptakan desain yang atraktif. Harmonisasi antara ragam material panel dan garis desain yang simpel pada akhirnya justru menjadi 2 unsur yang saling mendukung. Kesan itulah yang terasa dari desain wardrobe ini.
Ukuran wardrobe ini terbilang kecil karena memang luas lantai yang tersedia terbatas. Namun dengan pengolahan yang cermat, keterbatasan lahan berhasil diakali dengan membuat wardrobe yang lay out nya menyiku. Hasilnya kapasitas wardrobe menjadi lebih besar dan interior kamar tidur secara keseluruhan menjadi sedikit berbeda. Jika biasanya di sisi tempat tidur kita menemukan bedside table atau nakas, maka pada desain wardrobe bergaya ini kita menjumpai bagian wardrobe yang berada tepat disisi tempat tidur dan tampak menyatu dengan headboard tempat tidur itu sendiri.
Wardrobe siku ini memiliki keistimewaan karena terdiri dari beberapa material panel. Ada 3 material yang dipakai di sini yaitu cermin, kaca sandblast dan kayu. Panel cermin dan kaca hadir pada bagian wardrobe yang menghadap sisi samping tempat tidur, sedangkan panel kayu tampak menghiasi bagian wardrobe yang bersambung dengan headboard. Warna kayu yang terang sengaja dipilih untuk memberi kesan "ringan" dan lega untuk ruangan yang mungil. Sebagai sentuhan terakhir, bingkai panel berupa lis tipis dari aluminium menjadi benang merah untuk ketiga jenis panel tersebut.

  • Simpel
Gaya simpel dan minimalis ini, tampak ringan dan tidak rumit. Sangat cocok untuk kamar tidur mungil yang memang sebaiknya ditata dengan furnitur yang sederhana namun fungsional. Wardrobe ini termasuk tipe built-in dengan pintu geser. Jadi jelaslah kalau efesiensi ruang menjadi prioritas utama rancangan ini. dengan kapasitas 3 pintu yang dimilikinya, cukup banyak pakaian yang dapat ditampung di sini.
Masing-masing jenis pakaian diakomodasi oleh elemen penyimpan yang sesuai. Misalnya kemeja kerja memiliki gantungan tersendiri sehingga tetap tersimpan rapi. Celana panjang mempunyai gantungan khusus yang dapat ditarik kearah luar. Demikian pula dengan dasi, tersedia laci khusus sebagai tempat penyimpanannya. Kelebihan lainnya setiap elemen tersebut didesain dengan metode knockdown.
Untuk panel pintu dipakai 3 jenis material yaitu kayu, kaca dan aluminium. Kayu yang digunakan adalah multipleks dengan laminate sebagai finishing-nya. Sedangkan kaca yang dipakai sebagai panel pintu tengah adalah kaca sandblast. sementara aluminium berperan sebagai rangka yang memegang kaca tersebut. Keseluruhan material ini dtransformasi menjadi desain panel yang simpel dan fungsional.

  • Camouflage
Keberadaan wardrobe dalam kamar tidur cendrung menarik perhatian. Hal ini disebabkan karena ukurannya yang besar seringkali tidak terelakkan. Terutama untuk kalangan dengan aktivitas bersosialisasi yang cukup tinggi, koleksi busana yang mengunung bukanlah hal yang aneh lagi. Di samping itu kebutuhan yang terus bertambah juga menjadi faktor penyebab mengapa wardrobe berukuran besar menjadi prioritas sbagian orang. Untuk menyikapi hal tersebut perlu langkah jitu sehingga kehadiran wardrobe justru mendukung tampilan interior di mana ia berada, dan membuatnya sepeti " hilang" adalah satu cara yang bisa diaplikasikan.
Efek "hilang" tersebut dapat tercipta dengan mendesain seminimal mungkin bagian luarnya. Pintu wardrobe dirancang tanpa unsur dekorasi, bahkan handle yang dipakai hanya berupa handle kecil dari aluminium. Seluruh permukaan wardrobe dicat duco sesuai dengan warna dinding dan platfon kamar. jika dilihat sekilas kita tidak akan mengira kalau kamar ini memiliki wardrobe built-in sepanjang sisi dindingnya.  Wardrobe ini dapat memberikan fungsi tambahan berupa rak peralatan audiovisual.

  • Elegan Glamour
Salah satu gaya tatanan wardrobe yang dapat aplikasikan pada interior kamar adalah elegan glamour. Disini lay-out linier menjadi pilihan sebagai akibat dari optimalisasi lahan yang tersedia. Desain yang tidak memakai pintu layaknya rak pajang dibutik-butik. Desain yang berwujud ambalan bersusun 4 tingkat yang terbuat dari kayu dengan finishing melamik doff. Sementara sisi satunya didesain khusus dengan gantungan. beberapa susun laci tak lupa ditambahkan di kedua sisi tersebut sebagai tempat untuk menyimpan perlengkapan pribadi. Sebagai pembangki suasana, dihadirkan sistem penerangan yang memendarkan cahaya lembut pada sisi belakang dan panel pembagi wardrobe.

  • Klasik Hitam Putih
Paduan warna hitam dan putih merupakan salah satu kombinasi warna yang abadi. Kesan klasik sekaligus kontemporer menjadi kelebihan padanan 2 warna netral ini. dalam desain wardrobe built-in ini kombinasi hitam dan putih pada panel pintu menjadi salah satu unsur yang menjadi daya tarik.
Panel pintu tersebut terbuat dari material acrylic yang memiliki efek glossy. Warna hitam yang menjadi aksen pada salah satu sisi wardrobe berhasil menjadi focal point dari keseluruhan desain wardrobe . Di sisi lain warna putih yang dominan memberikan tampilan yang "ringan" dan sesuai untuk memberi kesan lega pada ruangan.|Dian Rakyat| 


THANKYOU FOR YOUR VISITE
Judul: Inspirasi dalam Desain Wardrobe
Ditulis oleh http://advertisingfashionfurniture.blogspot.com
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://advertisingfashionfurniture.blogspot.com/2013/10/inspirasi-dalam-desain-wardrobe.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Referral Banners