2captcha

Bermain Kata dan Sensualitas

Posted by http://advertisingfashionfurniture.blogspot.com Tuesday 8 October 2013 0 comments
ADVERTISING | FASHION | FURNITURE | Bermain Kata dan Sensualitas
Graphic Explore
ADVERTISING|FASHION|FURNITURE
"Periklanan di Inggris dimulai dengan iklan terus ke hati. Periklanan di Amerika dimulai dari iklan terus ke dompet. Sedang periklanan Prancis dimulai dari hati ke iklan". Kata-kata tersebut keluar dari mulut Jacques Seguela, tokoh kreatif periklanan kondang dari Prancis. Dan nampaknya ia tidak sekedar bicara, iklan-iklan Prancis memang mencerminkan apa yang disebutnya sebagai sensualous, imajinatif kadang gila, bahkan vulgar. Iklan-iklan untuk Georges Rech, perancang busana terkemuka Prancis, misalnya, tampil melalui pendekatan yang boleh dibilang sensual : hangat dan mengoda. Menggunakan model terkenal, Carla Bruni, visualisasi iklannya dibuat sedemikian rupa mencerminkan permainan antara sang model dengan huruf-huruf yang menjadi akronim Georges Rech. Tampil dinamis dan menyentak.
Kesan sensual bahkan tetap tampil, meskipun pesan iklan ingin mengatakan bahwa mobil Citroen Xantia sangat kokoh. Bodinya tetap utuh meskipun ia harus bergulingan di jalan raya. Sungguh imajinatif, dengan ending yang tak terduga. Iklan itu di mulai dengan memperlihatkan sepasang insan yang sedang bercinta di atas sebuah mobil. Demikian hangatnya percintaan mereka, sehingga tak sadar bahwa mobil yang mereka tumpangi sedang berguling-guling. Mereka tetap asyik bercinta. Itulah cara kratif orang Prancis untuk memperlihatkan ketangguhan mobil. 
Imajinasi kemudian memang sangat terasa dalam iklan-iklan di Prancis. Untuk iklan Peugeot 306 Cabriolet, ditampilkan penyanyi buta Ray Charles. iklan dibuka dengan sentuhan lembut sesosok tangan di tubuh mobil yang berwarna merah.
Bersamaan dengan itu lagu terkenal Ray Charles, "Georgia On My Mind," berkumandang. Suatu bird eye view memperlihatkan sosok Cabriolet itu di tengah padang pasir. Dan, cut, Ray Charles di balik kemudi. Penyanyi buta ini nampak senang sekali mengendarai mobilnya di padang pasir Bonnevile, Utah. Kemudian, cut, Ray Charles berhenti dan menghadap ke kamera. "Maukah Anda ikut ke suatu tempat?" katanya dalam bahasa Prancis. Lalu terlihat wajahnya sedang nyengir diatas super imposisi mobil yang sedang melaju di gurun. Dan kita bisa membaca pesannya: Quand on la voit on la veut. Peugeot 306. Artinya : Jika kau melihatnya, kau akan menginginkannya. Peugeot 306. Suatu pesan yang cerdas, sekilas imajinatif. Tak heran jika iklan ini terpilih sebagai salah satu pemenang utama Eurobest.
Ciri lain dari iklan-iklan Prancis terletak pada kegemaran mereka bermain kata-kata. Ini disebabkan karena bahasa Prancis sangat lentur, liat dan kadang bermakna ganda. Karena itu, iklan-iklan Prancis yang bermain kata-kata jadi terasa segar dan nakal. Kecendrungan bermain dengan kata-kata, mengharuskan perancang iklan di Prancis menguasai tipografi. Bagaimana karakter pesan dapat disampaikan melalui huruf-huruf yang dipilih dalam iklan.
Beberapa iklan Prancis yang menjadi referensi tulisan ini memperlihatkan bahwa tipografi yang dipilih sangat disesuaikan dengan irama pesan. Umumnya membentuk irama yang sesuai karakter Prancis yang romantis itu.
Hal ini terlihat dalam iklan majalh XL yang cukup menggunakan huruf-huruf tulisan tangan, sehingga berkesan tidak terlalu serius, sesuai dengan karakter majalahnya. Hal yang serupa juga terlihat dalam iklan Air France yang menawarkan kemudahan penjualan tiket dan reservasi selama 24 jam untuk penerbangan Paris-New York pulang-balik.
Kembali kepertanyaan basic. Bagaimana iklan diciptakan? Jacques Seguela sebagai wakil terkemuka perancang iklan di Prancis menjawab : through passionate respect. Dengan cara itulah merek mendapatkan rohnya dari perancang iklan. Hanya dengan bekerja keras menjaga nyawanya maka merek dapat melewati batas-batas negara dan menjadi kata yang diucapkan setiap hari di lingkungan keluarga. suatu hal yang tak mudah untuk dilakukan, namun harus dilakukan, karena itulah sesungguhnya tugas perancang sebuah iklan.|Cakram|MGA.

THANKYOU FOR YOUR VISITE
Judul: Bermain Kata dan Sensualitas
Ditulis oleh http://advertisingfashionfurniture.blogspot.com
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://advertisingfashionfurniture.blogspot.com/2013/10/bermain-kata-dan-sensualitas.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Referral Banners