2captcha

Proses Pembuatan Iklan yang Baik

Posted by http://advertisingfashionfurniture.blogspot.com Saturday 8 March 2014 0 comments
ADVERTISING | FASHION | FURNITURE | Proses Pembuatan Iklan yang Baik
stabilo
http://www.vector-eps.com
Secara mendasar, sebelum membuat sebuah kampanye periklanan, sebuah biro iklan harus mengetahui, mendalami, dan menguasai marketing mix dari sebuah produk, merek, atau jasa yang akan diiklankan. Karena, sebuah iklan selalu dan harus berawal dari produknya sendiri.
Pengetahuan akan 'Product/Brand Information' sangatlah dibutuhkan. Fungsi dan kegunaannya, harganya, kelebihan dan kekurangannya, status, pesaing, daerah distribusi, dan siapa sasaran pemakainya. Pengetahuan tentang keadaan pasar, tren yang berlaku, pelaku-pelaku pasarnya, persaingan, siapa saja pemakai dan calon pemakainya.
Pengertian dan analisa yang mendalam dari sasaran pakainya. Bukan hanya secara geografi dan demografinya saja, akan tetapi juga dari segi psikologi ditambah dengan pengetahuan tentang kebiasaan-kebiasaan mereka sehari-hari. Semakin spesifik targetnya, akan semakin fokus mengkomunikasikan pesan yang akan disampaikan.
Positioning dari produk tersebut haruslah di identifikasikan secara cermat dan spesifik, dengan mengkaitkannya dengan sasaran pasarnya.
Setelah keseluruhannya dikuasai, barulah kreatifitas yang tinggi dan terarah dapat berperan. Kreatifitas tidak saja hanya dibutuhkan dalam hal berkreasi ( design, layout, script, production, etc ), tetapi juga dibutuhkan dalam pemilihan media untuk pemuatan iklan yang bersangkutan. sehingga akan tercipta sebuah iklan yang efektif, efisien, dan tepat sasaran.

Biaya atau Investasi
Ada perbedaan pendapat antara beriklan merupakan beban biaya atau merupakan investasi. Banyak teori yang berkata bahwa beriklan bukanlah merupakan biaya; tetapi pihak lain mengatakan bahwa beriklan adalah biaya. Bagi seorang akuntan, beriklan adalah biaya, sedangkan bagi seorang manajer pemasaran, beriklan mungkin dilihat sebagai investasi. Tinggal dari kacamata mana kita melihatnya.
Jika ditelaah kata biaya ( expense ) dan investasi, maka dapat dijabarkan secara umum bahwa perbedaan yang mencolok dari kedua istilah tersebut :
Biaya - dana yang dikeluarkan sekarang untuk menghasilkan 'penjualan' dan yang 'hasilnya' harus dapat dirasakan secara cepat dan langsung.
Banyak advertiser, yang jika usahanya mengalami penurunan, akan langsung memotong/berhenti beriklan, sebagai ' penghematan' biaya. Akan tetapi, besar kemungkinan 'penghematan' tadi malahan akan mempercepat penurunan usahanya.
sedangkan investasi adalah dana yang ditanamkan sekarang. untuk kini atau keuntungan dimasa mendatang. Maka dalam hal ini, perencanaan anggaran beriklan haruslah betul-betul direncanakan, sejalan dengan objektif dan strategi pemasaran, dan dengan situasi dan kondisi yang terkait dengan kategori produknya.
Iklan memang dapat mengurangi keuntungan, akan tetapi iklan dapat merupakan faktor penunjang dan penentu pada keuntungan yang besar. Sedangkan dari kacamata konsumen ( penerima berita ). Iklan dapat dilihat sebagai faktor yang menyebabkan harga sebuah produk/jasa menjadi mahal. Hal ini dapat terjadi apabila kepuasan mereka tidak terpenuhi dan barang atau jasa yang ditawarkan tidaklah seperti yang diiklankan.
THANKYOU FOR YOUR VISITE
Judul: Proses Pembuatan Iklan yang Baik
Ditulis oleh http://advertisingfashionfurniture.blogspot.com
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://advertisingfashionfurniture.blogspot.com/2014/03/proses-pembuatan-iklan-yang-baik.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Referral Banners