Peluang Bisnis Periklanan

Posted by Zofra Iwenk Saturday, 27 April 2013 0 comments
ADVERTISING | FASHION | FURNITURE
Billboard luar Ruang
Iklan media luar ruang

Berbicara peluang bisnis periklanan tidak akan terlepas dengan era globalisasi. Dimana secara langsung akan terkait pula kebijaksanaan mengenai lalu lintas perdagangan secara umum yang sering kita kenal dengan GATT.
Kita lihat tahun 1994, dimana belanja periklanan sekitar 11 trilyun rupiah. Porsi yang paling banyak menyedot anggaran adalah media televisi/radio ( lebih kurang 70% ), disusul media cetak sebesar 25% dan media luar ruang ( out door ) sebesar 5%. Di tahun berikutnya diperkirakan akan terjadi lonjakan sekitar 20%-30%, sehingga dengan angka bisa kita katakan bahwa kakan terjadi suatu kenaikkan 13-15 trilyun rupiah. 

Beriringan dengan perubahan waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kebutuhan akan informasi melalui media periklanan tidak akan jauh berubah. Saya pikir, media house yang menduduki porsi terbanyak tetaplah media televisi/radio, menyusul media cetak serta out door sebagai advertising below the line. Kalau kita lihat peluang bisnis periklanan kita di tahun ini, saya mempunyai keyakinan akan tetap berjalan baik. Namun yang harus diingat, negara kita adalah anggota dari perjanjian GATT ( General Agreement On Trade And Traffic ), dimana dalam hal ini akan terjadi suatu iklim perdagangan bebas, sekaligus persaingan bebas pula antar anggotanya.
Konsekwensinya, terjadi persaingan antara biro iklan nasional dengan biro iklan luar negri di Indonesia ini. Untuk mengantisipasi hal tersebut, perlu kita persiapkan cara kerja yang profesional, dimana ini menyangkut sumberdaya manusia ( SDM ). Sumber daya manusia yang terlibat didalamnya haruslah merupakan individu yang siap tempur dan dituntut spesifikasi SDM yang tepat sesuai dengan profesinya ( The Right Man On The Right Place ).
Untuk meningkatkan kualitas SDM tidak cukup hanya dengan mengikuti training atau seminar bahkan in house training sekali pun! Namun diperlukan pula bakat ( attitude ) seseorang serta kemauan yang keras dalam menekuni bidang pekerjaan yang dipercayakan.
Disini diperlukan insting yang tepat dari pimpinan perusahaan untuk menempatkan seseorang kedalam posisi yang sesuai dengan kualifikasi/job-nya.


THANKYOU FOR YOUR VISITE
Judul: Peluang Bisnis Periklanan
Ditulis oleh Zofra Iwenk
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://advertisingfashionfurniture.blogspot.com/2013/04/not-just-utility-but-fashion.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment